Membentuk relawan yang berjiwa sosial tinggi, sigap dan bertanggungjawab

Selasa,11 April 2023

Diklatsar Lapang merupakan salah satu serangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan yang wajib diikuti oleh para calon pengurus KSR PMI Unit STIKES Nasional. Kegiatan ini bertujuan agar setiap calon anggota mendapatkan bekal fisik, mental, pengetahuan, dan ketrampilan sebagai seorang relawan yang berjiwa sosial tinggi, sigap dan bertanggung jawab dalam mengahadapi berbagai bencana yang terjadi di lapangan. Sehingga diharapkan para calon anggota mampu mengimplementasikan segala ilmu dan ketrampilannya dalam misi kemanusiaan.

Diklatsar Lapang Gabungan 2023 mengusung tema “Membentuk relawan yang berjiwa sosial tinggi, sigap dan bertanggungjawab” diklatsar lapang ini dilaksanakan di Bumi perkemahan Segoro Gunung, Desa Ngargoyoso, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa  Tengah pada hari Senin hingga Rabu tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2023. Diklatsar gabungan ini dilaksanakan dengan menggandeng KSR PMI Unit Politeknik Pratama Mulia yang diikuti total 19 calon anggota, 13 diantaranya adalah calon anggota KSR PMI Unit STIKES Nasional dan 6 calon anggota dari KSR PMI Unit Politeknik Pratama Mulia.

Pada hari H acara, sebelum keberangkatan ke lokasi kegiatan dilaksanakan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Ketua III STIKES Nasional sebagai pembina upacara yakni Bapak Ardy Prian Nirwana S.Pd.Bio.,M.Si dan juga dihadiri oleh dosen pembimbing KSR PMI Unit STIKES Nasional yakni Bapak Nur Wahidin, S.E di pentagon STIKES Nasional pada Senin, 27 Februari 2023 pukul 08.00 WIB. Selama keberlangsungan acara di Buper Segoro Gunung diajarkan review materi diantaranya, materi penampungan darurat, materi transportasi umum, materi BHD RJP, materi pertolongan pertama, dan materi PBA. Pemateri yang mengisi materi pada Diklatsar Lapang Gabungan 2023 merupakan pemateri yang sudah berkompeten dibidangnya yakni Bapak Barly Shodiq yang berasal dari PMI Kota Surakarta. Selama keberlangsungan acara terdapat kegiatan- kegiatan seperti pengambilan badge PMI, simulasi Pertolongan Bencana Alam, pendirian tenda, pensi, pendirian bivak dan ditutup dengan fun game dan makan bersama.